Tentang IPJKS

IPJKS adalah Komunitas Media Sosial yang fokus terhadap informasi dan promosi event Pacu Jalur Kabupaten Kuantan Singingi. Tidak hanya di “dunia maya facebook, Instagram,,twitter” komunitas ini hadir ke tengah-tengah masyarakat dan berbuat aksi nyata dalam mendukung pacu jalur kabupaten kuantan singingi menjadi salah satu Event Festival Pariwisata andalan Provinsi Riau.

Untuk dapat tetap mendapatkan informasi seputar Event Pacu Jalur Kuantan Singingi bagi warga yang berada di perantauan. Maka dibentuklah sebuah Komunitas Pencinta Pacu Jalur yang tergabung disebuah group media sosial (group Facebook) yang diberi nama IPJKS (Informasi Pacu Jalur Kuantan Singingi).

Awalnya di media sosial tersebut hanyalah berupa posting dari para anggota group itu sendiri yang sedang mengikuti jalannya Event Pacu Jalur. Namun seiring dengan perkembangan teknologi informasi, sekarang tidak hanya sekedar postingan dari para anggota  namun kini IPJKS telah membuat website yang berisi semua informasi yang berkaitan dengan Pacu Jalur Kuantan Singingi.

Pada tanggal 19 Agustus 2017 diluncurkan sebuah aplikasi berbasis android yang dapat didownload di Googleplay, IPJKS APP tersebut memuat semua kebutuhan informasi pacu jalur yang terdiri dari :

Youtube (Live & Video), memuat siaran langsung video streaming pacu jalur dari arena pacu jalur dan arsip video pacu jalur dari semua arena pacu jalur yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu.

IPJKS Radio, menyiarkan streaming radio event pacu jalur maupun lagu-lagu daerah Kuantan Singingi yang disiarkan dari 6 studio broadcaster (Pangean, Air Molek, Teluk Kuantan, Pekanbaru, Bagan Siapi-api dan Jakarta)

BerAdu (Berita &Aduan Pacu Jalur), memuat berita yang berkaitan dengan pelaksanaan pacu jalur dan berita daerah Kuantan Singingi dan juga memuat daftar aduan pacu jalur jika ada event yang sedang berlangsung dan galeri foto.

BudPar (Budaya dan Pariwisata), memuat informasi budaya dan pariwisata Kabupaten Kuantan Singingi yang terdiri dari informasi kesenian dan ritual tradisi, destinasi wisata dan kuliner khas.

Peran serta IPJKS dalam mendukung Pacu Jalur Kuantan Singingi membuahkan hasil yang baik, tanggal 25 November 2017 Pacu Jalur Kabupaten Kuantan Singingi dinobatkan sebagai Pemenang Anugerah Pesona Indonesia. dengan demikian Pacu Jalur dinobatkan sebagai Festival Pariwisata Terpopuler 2017.

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan diterima langsung oleh bupati Kuantan Singingi di Jakarta.