IPJKS Pacu Jalur

Selain Latihan, ini yang dilakukan Atlet Pacu Jalur di Sungai Kuantan

IPJKS.com (Pangean). – Event pacu jalur yang digelar di Tepian Lobuok Sobae Baserah yang akan digelar pada tanggal 19-21 April 2018 ini, memacu semangat para atlet jalur untuk berlatih, hampir disetiap gelanggang perpacuan di sepanjang aliran Sungai Batang Kuantan mulai dari Hulu Kuantan sampai Cerenti giat melakukan latihan pacu jalur. Memang seperti tahun sebelumnya begitu jadwal pacu jalur tingkat rayon telah disusun oleh Pemkab Kuansing, gairah dan aroma pacu jalur sudah mulai terasa, hal itu salah satunya didapat dari banyaknya postingan anggota group IPJKS di laman group social media facebook yang mengabarkan latihan yang mereka gelar untuk menyambut calendar of event pacu jalur kuantan singingi 2018. Animo masyarakat yang ingin mengetahui informasi terkini terkait pacu jalur ini demikian tinggi, tak kurang dari 50 member yang meminta konfirmasi di group IPJKS setiap harinya, yang saat ini telah beranggotakan 50 ribuan.

Salah satu arena perpacuan yang setiap sore kelihatan ramai adalah arena pacu jalur Tupian Rajo di Desa Pauh Angit Kecamatan Pangean, tak kurang dari 2 atau 3 buah jalur yang melakukan latihan rutin di gelanggang ini. Salah satu pengurus jalur Siposan Rimbo yang akrab disapa Ajak ini menuturkan bahwa saat ini mereka rutin menggelar latihan, ini bertujuan agar mempersiapkan fisik atlet pacu jalu mereka, baik menghadapi event pacu jalur tingkat rayon maupun Festival Pacu Jalur Nasional di Tepian Narosa Agustus mendatang.

Namun selain berlatih, para pemacu jalur di arena Tupian Rajo ini juga melakukan aksi pembersihan tiang jembatan yang banyak ditemukan sampah kayu yang tersangkut dibawa air sungai kuantan, selain dapat membebani tiang jembatan dari arus sungai juga dapat mengganggu jika sedang berpacu, ditambah lagi sampah kayu tersebut berdekatan dengan tribun hakim di kawasan pancang finish arena pacu jalur Tupian Rajo ini. “hari ini (senin 02/04/2018.red) atlet jalur Siposan Rimbo dan ombak nyalo  yang melakukan pembersihan di tiang jembatan” kata Deri salah satu warga Pangean yang saat itu sedang menonton latihan dari atas jembatan.

Hal senada juga juga dilakukan oleh atlet Jalur Laskar Mudo Parisai Nagori asal Pasarbaru Pangean ini. “kami melakukan aksi membersihkan sampah kayu yang banyak tersangkut di tiang jembatan, selain mengganggu jalur yang akan latihan juga kelihatan sangat kotor, untuk itu disela latihan semua atlet jalur membersihkan sampah kayu” kata Eka Dwi Yanto, ketua jalur Laskar Mudo ini.

Sementara itu Camat Pangean, Mahviyen Trikon Putra, SE sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Sangat berterima kasih pada atlet jalur Siposan Rimbo dan Laskar Mudo Parisai Nagori yg telah peduli terhadap lingkungan atau aset Nagori yaitu arena pacu jalur dan jembatan. Bahkan kemarin kami turut serta latihan pacu dan membersihkan kembali sampah yg masih tersangkut di tiang jembatan tersebut. Memang belum bersih sempurna, karena masih ada kayu yang kuat tersangkutnya . Mungkin lain waktu akan kembali kita bersihkan.” katanya.

Aksi para atlet jalur ini patut diacungi jempol, betapa tidak, selain berakibat akan mengganggu jalur untuk berpacu tentunya aksi ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat akan fasilitas umum yang tentunya menjadi tanggung jawab bersama untuk merawatnya. (IPJKS01)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *