Budpar IPJKS

Sanggar Merawang Juara Parade Tari Daerah Kuansing 2017

TELUK KUANTAN (ipjks.com). Gelaran parade tari daerah Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2017 yang ditaja oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi dan Dewan Kesenian Kabupaten Kuantan Singingi (DKKS) berakhir sudah, Rabu (15/11/2017) dan sebagai pemenangnya adalah Sanggar Seni Marawang dari Kecamatan Kuantan Mudik dan sekaligus berhak maju ke tingkat provinsi yang mewakili Kabupaten Kuantan Singingi dilevel provinsi Riau 2018.

Sanggar Seni Merawang yang berasal dari Kuantan Mudik ini mempersembahkan sebuah tarian yang berjudul “maarak anak bako”. adalah sebuah upacara yang dilakukan pada saat acara pernikahan di rantau Kuantan Singingi. Tari ini berangkat dari upacara pernikahan di Kuantan Mudik, dimana ketika “bagholek” resepsi pernikahan para amai (isteri mamak) membawa makanan yang diisikan kedalam talam yang dikenal dengan menjunjuang bintang, di acara ini mempelai laki-laki dan perempuan diarak secara terpisah menuju lokasi acara perkawinan. dalam arak-arakan tersebut masing-masing membawa seorang penari “silek payuang” yang bertujuan untuk mempertemukan kedua mempelai dan seiring dengan itu salah seorang amai tadi melemparkan beras kuning yang masyarakat setempat menyebutnya sebagai pagar pernikahan agar keluarga mempelai dijauhkan dari niat jahat dari orang lain.

Tarian yang dikoreografer oleh Mutiara, S.Sn ini dan penata tari Lili Suriani, S.Pd mendapat perhatian dari penonton, penampilan dengan kostum rancangan Faizal, S.Pd didominasi oleh warna hijau, merah dan kuning ini cukup apik tampil di pentas dengan paduan musik yang cukup memukau arahan Wahyu Kurniawan Pranata, S.Sn ini dan alhasil mereka berhak menyabet 3 kategori yaitu penampil terbaik, penata musik terbaik dan penata tari terbaik (ipjks03)

Berikut urutan pemenang Parade Tari daerah Kuansing 2017:

  1. Penyaji terbaik I : Sanggar Merawang, Kuantan Mudik
  2. Penyaji terbaik II : Sanggar Sintuo Art, Pucuk Rantau
  3. Penyaji terbaik III : Sanggar Seni Rampak Dayung, Kuantan Tengah
  4. Penata Musik Terbaik : Sanggar Merawang, Kuantan Mudik
  5. Penata Tari terbaik : Sanggar Merawang, Kuantan Mudik
  6. Penata Kostum/make up terbaik : Sanggar Mangkiang Art, Gunung Toar

 

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *