IPJKS

Perahu Baganduang dari Kuantan Singingi masuk Nominasi API Award 2018

IPJKS.COM (Teluk Kuantan). Setelah pacu jalur  terpilih sebagai Festival Pariwisata Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia (API) yang diadakan oleh situs ayojalanjalan.com pada tahun 2017 lalu, tahun 2018 ini giliran Perahu Baganduang yang masuk dalam nominasi API Award 2018 dalam kategori Atraksi Budaya Terpopuler.

Perahu Baganduang atau Perahu Beganduang adalah gabungan dari dua hingga tiga buah sampan panjang. Baganduang artinya bergandeng. Perahu-perahu ini dirangkai menjadi satu (diganduang) dengan menggunakan bambu. Perahu baganduang menjadi bagian dari tradisi yang ada di Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing,Riau. Perahu Baganduang adalah kendaraan adat yang digunakan untuk tradisi Majompuik Limau. Tradisi ini telah dilakukan masyarakat selama kurang lebih satu abad.

Masuknya perahu baganduang ini diketahui setelah mendapat konfirmasi dari Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Kuantan Singingi Marwan, S.Pd.MM melalui Sekretaris Dinas Pariwisata dan Budaya, Edi. Dia menyampaikan, bahwa sebelumnya pihaknya mengirimkan situs Informasi Pacu Jalur Kuantan Singingi (IPJKS.COM) juga diikutkan dalam API tahun 2018 dalam kategori Promosi Digital Pariwisata,namun yang lolos hanya Perahu Baganduang saja katanya.

Sementara untuk Provinsi Riau yang masuk dalam nominasi API 2018 yakni Teluk Jering Kampar dalam kategori tujuan wisata baru terpopuler, Festival Cian Cui dari kepulauan Meranti kategori Festival pariwisata terpopuler, Air terjun batang kapas, Kampar dalam kategori surga tersembunyi terpopuler, Air mata pengantin dari Inhu kategori minuman tradisional terpopuler dan Gema Muharram dari Inhil dalam kategori wisata halal terpopuler.

Untuk mendukung perahu baganduang ini menjadi pemenang pada anugerah pesona indonesia masyarakat diminta untuk mengirimkan vote SMS dengan cara ketik API <spasi>8D kirim ke 99386 (ipjks.01)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *