IPJKS Kesenian Kuansing

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kuantan Singingi Buka Festival Teater Tingkat SLTA

IPJKS.COM (Teluk Kuantan). Dewan Kesenian Kabupaten Kuantan Singingi menyelenggarakan Festival Teater Tingkat SLTA se Kab Kuantan Singingi yang di laksanakan pada hari Kamis, 5 sd 6 April 2018, festival ini diikuti 14 Group Teater tingkat SLTA se Kabupaten Kuantan Singingi.

Adapun tema yang diangkat dalam festival ini adalah cerita rakyat daerah Kabupaten Kuantan Singingi. Komite Teater Dewan Kesenian Kuansing selaku pelaksana kegiatan ini membagi jadwal pementasan selama 2 hari.  Pada hari ini Kamis 5 April 2018 akan di tampilkan 8 group no undian 1 – 8 diantaranya adalah SMAN 1 Sentajo Raya dengan judul Naskah cerita Limuno, SMAN 1 Kuantan Mudik menampilkan “Kuasa Mamak”, sedangkan ” Pacu Jalur” akan ditempilkan oleh SMKN 2 Teluk Kuantan, “Muncak” SMAN 1 Inuman, “Asal Usul Desa Punago” SMAN 1 Teluk Kuantan, “Sibujang Usui” SMAN 1 Benai, dan “Pendekar Bukik Tabandang” dari group Teater SMAN pintar dan berbagai cerita Rakyat lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi, Marwan, S.Pd,MM mengatakan bahwa Dewan Kesenian merupakan wadah pelaku seni, seniman, budayawan, agar kesenian daerah dapat di jaga dan dilestarikan, yg juga mendukung visi misi pemerintah daerah khususnya dinas Pariwisata Kuansing, ia juga menyampaikan Festival Teater remaja tingkat SLTA ini merupakan lomba yang dilakukan setidaknya 7 tahun Terakhir. untuk itu beliau mendukung sepenuhnya program ini sebab bidang seni teater termasuk salah satu bidang yg perlu di kembangkan sebagai potensi daerah selain seni tari dan musik sehingga dapat mendukung kepariwisataan Kuansing.

Sementara itu Ketua Komite Teater DKKS yang selaku ketua pelaksana, Zulkandra, S.S menyatakan kegiatan ini merupakan program lanjutan Komite teater DKKS setelah pada 12 14 Desember 2017 lalu, adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mencari potensi atau bibit teater di kalangan remaja serta upaya pelestarian cerita Rakyat Kuantan Singingi dapat diangkat kembali. (IPJKS03)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *