Budpar IPJKS Pariwisata

GenPi Kuansing Taja Lomba Foto dan Video Destinasi Wisata dan Budaya

TELUK KUANTAN (ipjks.com). Generasi Pesona Indonesia atau disingkat GenPI Kabupaten Kuantan Singingi menggelar lomba foto dan video yang bertemakan destinasi wisata dan budaya di Kabupaten Kuantan Singingi. Dalam rilisnya di akun media sosial Instagram @genpi_kuansing menyebutkan bahwa lomba ini akan dimulai hari ini, Minggu (24/12/2017) sampai dengan tanggal 30 Desember 2017 dan puncak malam penyerahan hadiah kepada pemenang akan diumumkan pada saat acara malam anugerah foto dan video dan safari religius dengan memadukan dengan acara tabligh akbar yang akan dipusatkan di Taman Jalur Kota Teluk Kuantan.

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) adalah sebuah komunitas yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia. GenPI merupakan pengejawantahan dari program promosi wisata “go digital” yang tengah gencar dilakukan oleh Kemenpar sebagai salah satu strategi pemasaran pariwisata Indonesia. Anggota GenPi terdiri atas anak-anak (berjiwa) muda yang selama ini aktif melakukan promosi pariwisata melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter, instagram, path, dan lain lain. Karena fokus promosi dalam dunia digital maka anggota GenPi sering dijuluki “Laskar Digital Merah Putih”. Sosok itu sendiri menjelaskan arti lain GeNPI sebagai Gerakan Nusantara (untuk) Pariwisata Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan dalam CEO message #39 dikutip di website www.kemenpar.go.id bahwa pembentukan GenPi merupakan salah satu bentuk komitmen Kemenpar untuk menghidupkan media sosial (medsos) di kalangan anak-anak muda Indonesia. Apalagi untuk memenangkan pasar pariwisata dunia, Indonesia harus menguasai dunia digital. “More Digital, More Personal! More Digital, More Global! More Digital, More Professional!

Oleh karenanya Genpi Kuantan Singingi untuk menggairahkan promosi objek wisata dan budaya yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi maka dibuatlah lomba foto dan video dengan harapan akan lebih mengenalkan dan menggali potensi pariwisata yang ada di rantau kuantan ini.

Bupati Kuantan Singingi, Drs.H.Mursini, M.Si menyambut baik apa yang dilakukan oleh Genpi Kuansing ini, “saya sangat bangga kepada anak-anak muda kita yang kreatif dibidang promosi pariwisata digital ini, apalagi sekarang ini pariwisata merupakan salah satu program yang gencar oleh pemerintah dan lebih banyak dipromosikan melalui media sosial, dengan adanya lomba ini diharapkan akan membangkitkan minat anak-anak muda kita untuk menggali potensi wisata alam dan budaya di Kuantan Singingi” kata bupati.

Senada dengan Bupati Kuantan Singingi, Kepala Dinas Budaya dan pariwisata Kuantan Singingi, Marwan, S.Pd.MM dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, Syamsir Alam mendukung penuh kegiatan ini,

“untuk hadiah juara lomba akan diberikan hadiah berupa uang tunai, trophy dan piagam yang nantinya akan ditandatangani oleh kadis Budpar dan Bupati” kata Marwan.

Adapun syarat dan ketentuan mengikuti lomba foto dan video tersebut sebagai berikut:

  1. Peserta terbuka untuk umum
  2. Foto dan video sesuai tema “Destinasi Wisata dan Budaya Kuantan Singingi”
  3. Durasi video maksimal 1 menit
  4. Jumlah foto atau video maksimal 3 per peserta, namun yg akan menjadi pemenang tetap 1 per peserta
  5. Video dan Foto bersifat orisinil, tidak melanggar hak intelektual pihak manapun dan belum pernah dipublikasikan di media manapun
  6. Hasil karya yang dikirim menjadi milik Dinas Budaya dan Pariwisata Kuansing

Kriteria penilaian yaitu konsep foto atau video harus sesuai tema dan jumlah like di media sosial instagram berpengarih sebesar 30% dari total nilai.

Adapun cara mengirimkannya :

  1. Upload foto atau  video ke instagram, follow dan mention akun instagram @genpi_kuansing dan beri tagar #wisatadanbudayakuansing
  2. Tuliskan keterangan foto/video, dan lokasi dimana foto atau video diambil

(ipjks01)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *