IPJKS

Bupati Kuansing Launching Aplikasi Android IPJKS

TELUK KUANTAN, Sektor pariwisata saat ini telah menjadi sektur unggulan dalam pembangunan ekonomi di Indonesia, edukasi sadar wisata merupakan cara yang cukup efektif. Masyarakat dituntut berperan aktif jika ingin pembangunan pariwisanya tetap bekelanjutan. Salah satunya Komunitas Pencinta Pacu Jalur yang tergabung dalam group media sosial facebook yang bernama IPJKS (Informasi Pacu Jalur Kuantan Singingi) tadi malam, Sabtu (12/08/2017) melakukan acara launching aplikasi yang berbasis android yang berlokasi di Taman Jalur Kota Teluk Kuantan. Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Kuantan Singingi Drs,H.Mursini, M.Si.

Kuantan Singingi terkenal dengan event festival Pacu Jalurnya. Kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat tentang pelaksanaan event pacu jalur sudah  merupakan hal yang tak dapat diabaikan, baik dari media elektronik maupun media cetak. apalagi saat ini semua informasi sudah bisa didapat melalui smart phone melalui jejaring media sosial.

Tak hanya di kabupaten Kuansing, event pacu jalur juga dinanti oleh masyarakat kuantan singingi khususnya yang tidak sempat untuk hadir datang ke Kuansing menyaksikan secara langsung jalannya pelaksanaan event pacu jalur, baik mereka yang sedang diperantauan maupun mereka yang ingin mengetahui informasi tentang pacu jalur ini. Melihat begitu besarnya minat akan informasi tentang pacu jalur ini maka di tahun 2017 ini IPJKS telah melakukan live streaming radio yang dipancarluaskan dari ke empat rayon pacu jalur Kuantan Singingi  yang digelar pada bulan Juli lalu.

Dalam sambutannya perwakilan admin IPJKS, Junedi, SE menjelaskan bahwa aplikasi IPJKS  saat ini sudah dapat diunduh di play store dan setelah dipasang nanti akan dijumpai aplikasi dan fitur-fitur tentang berbagai macam informasi tentang pacu jalur. “Seiring dengan perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi maka malam ini kami dari komunitas IPJKS menghadirkan kepada kita semua, sebuah aplikasi yang berbasis android yang dapat di unduh langsung dari google play secara gratis. Aplikasi ini memuat semua informasi tentang pelaksanaan event pacu jalur kuantan singingi, dapat juga mendengarkan langsung jalannya perpacuan dari menu radio streaming, mengetahui daftar aduan pacu yang sedang berlangsung dan menonton video on the mand hilir demi hilir perpacuan yang sedang digelar” terangnya

“Kedepan tentunya kami berharap inovasi ini tidak behenti sampai disini saja, jikalau boleh bermimpi, di event tahun mendatang Team IT IPJKS mampu menyiarkan pacu jalur bukan dari radio streaming lagi, akan tetapi berupa Streaming Televison yang dapat ditonton langsung dari seluruh penjuru dunia melalui multiflatform secara real time. Namun itu semua tentu membutuhkan dukungan dari semua pihak, baik pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi dan untuk diketahui bersama bahwa team IT IPJKS ini adalah asli putra-putra Kuantan Singingi” tutupnya.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Mursini, M.Si menyampaikan atas nama pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, ia sangat mengapresiasi dan menyambut baik terebosan yang diciptakan IPJKS ini.

Dia mengatakan, dengan adanya aplikasi android ini, penggemar pacu jalur yang tidak dapat menyaksikan pacu jalur secara langsung, sekarang sudah bisa melihat dan mendengarkan secara live melalui aplikasi IPJKS.

“Ini sudah saya buktikan sendiri sewaktu penyelenggaraan pacu jalur rayon empat Sentajo Raya. Waktu itu saya sedang berada di Jogyakarta, melalui aplikasi ini bisa dihubungkan langsung ke radio dimobil yang kami pakai saya bisa mendengarkan langsung pacu jalur hingga selesai,” aku Bupati. Ditambahkan Bupati, kehadiran aplikasi IPJKS berbasis android ini sangat membantu untuk mempromosikan budaya pacu jalur pada masyarakat luar, “sehingga pacu jalur ini benar benar dikenal sebagai warisan budaya leluhur yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi,” sebut Bupati diakhir sambutannya.

Dan diakhir acara dilakukan penyerahan donasi oleh Bupati Kuantan Singingi kepada admin IPJKS sebagai bantuan dalam pengembangan aplikasi tersebut, dan juga merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah kepada komunitas dalam mempromosikan event pacu jalur ini kepada dunia.(jn)

(editor: ipjks) foto: riauaktual.com

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *