IPJKS

Bupati Kuansing Buka MTLC 4 MAN 1 Kuantan Singingi

TELUK KUANTAN, Mantel Language Competition (MTLC) 4 tahun 2017 tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA Se-Sumatera yang akan berlangsung dari Kamis-Sabtu (26-28/10/2017) secara resmi dibuka oleh Bupati Kuantan Singingi Drs. H.Mursini, MSi yang bertempat di MAN 1 Kuantan Singingi, Kota Teluk Kuantan.Kamis (26/10/2017).

MTLC tahun ini merupakan kegiatan OSIS MAN 1 Teluk Kuantan dengan tema “Brave To Speak English And Arabic Be Ready For The Future“. Kegiatan tersebut akan memperebutkan piala Ketua DPRD Kuansing, Bupati Kuansing dan Piala Gubernur Riau dan diikuti sekolah di Riau, bahkan Sumatera. Adapun perlombaan terdiri dari debate, Speech, Singing, Mading 3D, Story Telling, Journalistic, Accounting, Olimpiade Matematika, Olimpiade Fisika dan Olimpiade Biologi.

Dalam sambutannya Kepala MAN 1 Kuantan Singingi Drs. Zulkifli, M.Pd menyampaikan bahwa peserta MTLC untuk tahun ini berjumlah 85 sekolah dengan jumlah peserta termasuk guru pembimbing lebih kurang 1000 orang. “Penguasaan bahasa asing adalah merupakan hal yang mutlak dikuasai pada zaman sekarang ini sehingga dapat sejajar dan bergaul di level internasional” katanya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kemenag Riau Drs. H.Ahmad Supardi Hasibuan, MA menyampaikan dalam sambutannya “Satu-satu nya Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi Riau secara khusus menerapkan menguasai dua bahasa , bahasa inggris dan bahasa arab yaitu di MAN 1 Kuantan Sinigingi ini”. “zaman sekarang penguasaan bahasa sangat penting, agar dapat menguasai ilmu pengetahuan, dimana sekarang ini buku-buku berbahasa Inggris, kemudian yang kedua kalau kita ingin mendalami ilmu agama, sumber ilmu agama tentu saja harus menguasai bahasa arab” paparnya.

“saya berharap masa yang akan datang mulai dari aceh sampai lampung dapat menhadiri acara ini”tambahnya, dan selain kampung inggris hendaknya dibuat juga kampung arab, plang nama-nama pun sudah ditulis berbahasa arab” tutupnya.

Sementara itu Bupati Kuantan Singingi Drs.H.Mursini, M.Si menyambut baik dan mengucapkan apresisi kepada MAN 1 Kuantan Singingi yang telah melaksanakan kegiatan ini. “tahun lalu MTLC lingkupnya se Riau, alhamdulillah tahun ini sudah meningkat se sumatera”, atas nama Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi sangat mendukung kegiatan ini” diakhir sambutannya Bupati Kuantan Singingi juga tak lupa menyampaikan kepada hadirin yang hadir agar mendukung voting Pacu Jalur Kuantan Singingi agar dapat menang dikancah nasional yaitu Anugerah Pesona Indonesia kategori festival terpopuler tahun 2017 dan sekaligus memukul gong tanda dibukanya acara MTLC4 serta memberikan kepada panitia piala bergulir yang akan diperebutkan di ajang ini. (jun/ipjks)

Liputan: Pispian Rahman/Editor: Junedi

 

 

 

 

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *