IPJKS Kesenian

Bupati Kuansing Apresiasi Festival Pasar Seni 2018

IPJKS.com (Teluk Kuantan) – Bupati Kuantan Singingi Drs. H.Mursini, M.Si membuka acara Malam Puncak dalam rangka memperingati satu tahun digelarnya Pasar Seni yang bertempat di Taman Jalur Teluk Kuantan, Sabtu malam (31/03/2018). Turut hadir menyaksikan festival seni Tahun 2018 ini Plt. Sekda Muharlius, SE. MM, Kadis Kominfo Ir. Samsir Alam, MM, Kepala Bappedalitbang Ir. Maisir.  Acara ini disaksikan oleh ratusan masyarakat Kuantan Singingi.

Dalam sambutannya Bupati Kuantan Singingi mengucapkan apresiasi kepada pihak penyelenggara dimana genap setahun telah menggelar pasar seni yang digelar sepekan sekali. “Kegiatan ini sebagai ajang meningkatkan kemampuan dan bakat seni generasi muda kita. Sehingga diharapkan, bisa pula menggali potensi budaya yang dimiliki Kuansing. Disamping itu, dapat melatih mental agar selalu tampil berani di depan umum sehingga kegiatan ini menurut saya sangat positif sekali,” ujar Bupati Mursini.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Kuansing pada prinsipnya terus mendukung kegiatan pagelaran seni yang positif seperti malam ini,” tambah Bupati.

Festival Pasar Seni 2018 mengadakan beberapa perlombaan digelar pada acara ini diantaranya ; lomba menyanyikan lagu dangdut dan lomba busana muslim.

Ketua Pasar Seni Kuantan Singingi Teja Sukmana kepada IPJKS.com menyampaikan harapannya kepada pemerintah daerah maupun instansi terkait agar turut mendukung kegiatan ini secara berkelanjutan, “kami sangat berharap kepada pemerintah Kabupaten maupun instansi yang terkait agar dapat support kegiatan pasar seni ini baik dukungan moril maupun dalam bentuk bantuan  seperti peralatan sound system” harapnya.

“kami juga menghimbau kepada semua seniman di Kuantan Singingi agar dapat bergabung dengan pasar seni, sebab pasar seni ini merupakan wadah bagi para seniman untuk menampilkan hasil karya mereka, mari kita lestarikan seni kuantan singingi, seperti musik tradisional rarak dan lain sebagainya, sebenarnya mala mini ditampilkan juga peserta lomba rarak, namun diakhir pendaftaran tidak ada peserta yang mendaftar untuk lomba ini” terangnya. Teja juga berharap kepada pihak terkait bersama-sama mendukung pelestarian music tradisional rarak ini agar tidak hilang ditelan zaman.

Sementara itu salah satu penggiat Pasar Seni Kuantan Singingi, Azrori Analka Apas juga berharap senada dengan ketua pasar seni dan dari sisi perekonomian. “kita juga dapat melihat efek perekonomian masyarakat sekitar dengan digelarnya pasar seni setiap minggu, dimana para pedagang kuliner dimalam kami menggelar pasar seni ini mengalami peningkatan omset dari malam-malam lainnya”tuturnya.

Ditambah lagi kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah pusat di bidang pariwisata dengan pasar digitalnya yang saat ini digelar di Pekanbaru (IPJKS01)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *