IPJKS Pacu Jalur Pariwisata

Besok, Pacu Jalur Mini digelar di Telaga Ratu Desa Sukaraja

IPJKS.COM (Teluk Kuantan). Pemerintah Desa Sukaraja Kecamatan Logas Tanah Darat menggelar event pacu jalur mini yang akan dilaksanakan pada tanggal 15-16 April 2018 yang bertempat di Telaga Ratu Desa Sukaraja.

Telaga Ratu adalah embung desa yang dibangun pada tahun 2017 lalu, danau buatan ini mempunyai lebar 65 meter dan panjang mencapai 190 meter. pada pertengahan tahun 2017 lalu sekelompok warga masyarakat Desa Sukaraja ini membuat sebuah jalur mini yang dananya diperoleh dari swadaya masyarakat setempat. Rajo Olang Putih, ini adalah jalur mini pertama yang dibuat oleh masyarakat eks trans ini yang kemudian saat ini merupakan acara dalam rangka peresmian jalur tersebut.

Menurut sekretaris panitia sekaligus pengurus jalur Rajo Olang Putih ini, Ampion, S.Pd.I kepada IPJKS.com gagasan nama Telaga Ratu yang mereka lekatkan pada embung desa ini sesuai dengan keputusan rapat masayarakat Desa, “Telaga Ratu berasal dari kata Telaga yang artinya danau sedangkan kata Ratu singkatan dari Sukaraja Bersatu disamping itu ada makna lain yakni Sukaraja/Telaga Ratu jadi, sudah ada raja maka pasangannya Ratu” kata Ampion.

Gayung pun bersambut, gagasan melaksanakan festival pacu jalur mini ini pun direspon positif oleh anggota DPRD Kabupaten Kuantan Singingi Solehudin, “ini merupakan tradisi Kuantan Singingi yang harus kita lestarikan, dan mudah-mudahan menjadi ajang silaturrahim dan yang tak kalah pentingnya dalah Telaga Ratu ini juga menjadi sumber air baku, kolam pancing, taman hijau desa, wahana hiburan dan kedepannya bisa melahirkan atlit pacu jalur untuk ikut serta salam event pacu jalur di Teluk Kuantan yang sudah menjadi event nasional”katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi, Marwan,S.Pd,MM menyambut baik apa yang telah dilakukan masyarakat Desa Sukaraja ini, “ini merupakan terobosan yang positif, dimana saat ini semua potensi wisata yang ada di desa bisa dikembangkan secara mandiri oleh desa, baik wisata alam maupun objek wisata buatan yang bisa dikembangkan menjadi objek wisata, hal ini akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat terutama yang dekat dengan lokasi wisata mereka bisa menjual makanan ataupun minuman, Insya Allah besok saya hadir dalam pembukaan acara ini”katanya.

Ketua Pelaksana, Awaludin menyampaikan bahwa hadiah yang mereka siapkan untuk kegiatan festival pacu jalur mini ini, untuk juara pertama berupa uang pembinaan sebesar 1 Juta rupiah+piala bergilir dari Bapak Solehudin+piala tetap+piagam dan tongol juara, juara dua diberikan uang pembinaan sebesar 750 ribu rupiah+piala tetap+piagam dan tonggol juara, juara tiga diberikan uang pembinaan 500 ribu rupiah+piala tetap+piagam dan tonggol juara, dan juara keempat uang pembinaan sebesar 250 ribu plus piagam. (ipjks01/03)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *