IPJKS

98 Jalur Kembali Berpacu Hari Ini Di Tepian Narosa Teluk Kuantan

TELUK KUANTAN, Helat Akbar Festival Pacu Jalur Kuantan Singingi 2017 yang dibuka langsung oleh Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rahman kamaren Rabu (23/08/2017) menyisakan 98 buah jalur dari 193 buah jalur sebagai peserta yang akan siap berpacu hari kedua ini, Kamis (24/08/2017) yang rencananya akan dilakukan pencabutan aduan pada pagi ini.

Pada acara pembukaan yang dipusatkan di Lapangan Limuno kemaren Rabu (23/8/2017) dalam sambutannya Gubernur Riau menyampaikan bahwa Pacu Jalur telah  masuk kalender pariwisata nasional karena Pacu Jalur menjadi unsur seni yang menghibur masyarakat. Pacu Jalur mengandung banyak kearifan lokal yang harus dilestarikan. Selain itu dirinya mengajak ajang Festival Pacu Jalur sebagai momen untuk mengangkat ekonomi masyarakat dan meningkatkan kunjungan masyarakat ke Riau tiap tahunnya. “Maka potensi wisata ini perlu digali. Kita akan bersinergi dalam memajukan sektor wisata. Karena geliat wisata di Riau makin maju,” ujar Gubri.

Sementara itu Bupati Kuantan Singingi, H Mursini, M.Si mengatakan budaya Pacu Jalur merupakan budaya masyarakat Kuansing yang sudah berumur ratusan tahun. Dulu katanya, jalur untuk mengangkut usaha masyarakat dan hasil panen pertanian melalui transportasi sungai. “Dalam perkembangannya tradisi ini kemudian diperlombakan guna memperingati HUT RI,” . Even ini lanjut Bupati, masuk even terpopuler nasional yang masuk Anugerah Pesona Indonesia (API) kategori Festival Pariwisata Terpopuler.

Bupati Mursini mengajak dan menghimbau kepada semua masyarakat untuk mendukung even ini semakin baik kedepannya. “Alhamdulilah pacu jalur menduduki peringkat pertama 38 persen, pada anugerah API 2017” papar H. Mursini. Bupati Kuansing ini berharap adanya bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi terhadap pembangunan tebing dan penataan kawasan areal Pacu Jalur. acara pembukaan ini dimeriahkan oleh tarian kolosal yang bertemakan tentang pacu jalur.(jn)

foto: kuansingterkini.com

 

 

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *